BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI KOTA PALU DAN DONGGALA

oleh -378 views

Laporan Wartawan Turdanews Hajeral

TURDASUKSES.COM, KAYONG UTARA – Pada tanggal 28 September 2018, pukul 17.15 WIBA Kota Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, duka kembali melanda pulau sulawesi. Gempa dengan kekuatan 7,4 SR dan diikuti Tsunami yang besar 800 KM/Jam, (Data BMKG). Gempa dan Tsunami telah meluluh lantakan Kota Palu dan Donggala, semua aktivitas lumpuh total.

Bencana Kota Palu dan Donggala berdasarkan data sementara korban jiwa yang sudah ditemukan sebanyak 832 orang yang terdiri dari Kota Palu 821 Orang dan Donggala 11 orang (30/09/20180. Diprediksi korban bisa bertambah lagi karena masih ada wilayah belum dilakukan evakuasi, sebanyak 16.200 orang mengungsi kebeberapa posko sementara yang sudah didirikan oleh satuan kerja penanggulangan bencana BNPB dan Stakeholder yang terkait.

Bencana diKota Palu dan Donggala telah melumpuhkan roda perekonomian masyarakat dan pemerintah daerah, status tanggap darurat selama 12 hari kedepan yang ditetap oleh BNPB Pusat dan Daerah dari tanggal 30 September – 11 Oktober 2018, hal ini dilakukan supaya fokus pada pencarian korban yang belum ditemukan, penyembuhan korban yang terluka, dan mengembalikan psikologis korban yang trauma dan stress pasca terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi pada tanggal 28/09/2018.

Pada tanggal 30/09/2018 Presiden Jokowi mengunjungi lokasi bencana, Bapak Presiden Jokowi memerintahkan dan mengintruksikan agar BNPB Pusat maupun Daerah dan Kementerian terkait untuk saling sinergi dalam penanggulangan darurat bencana di Kota Palu dan Donggala.

Dari Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran 560 M untuk penanggulangan bencana gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala yang disampaikan oleh Menteri POLHUKAM, Wiranto, (29/09/2018). Anggaran tersebut merupakan bantuan Tahap pertama dari pemerintah pusat dan masih ada bantuan selanjutnya, Ujar Menteri POLHUKAM Bapak Wiranto di konfrensi pers dilokasi bencana.

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *