Energi yang Terbarukan, Kotoran Sapi menjadi Gas

oleh -305 views

TURDASUKSES.COM – Tahun 1970, di negara Belanda telah menemukan cara memanfaatkan kotoran sapi menjadi gas, temuan tersebut diberi nama “Biogas”, selama ini kotoran sapi hanya dijadikan pupuk organik dan pakan tambahan ikan saja.

Reaktor biogas mulai diperkenalkan ke indonesia pada tahuan 1990-an, kemudian dikembangkan oleh “Rumah Biru”, berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Semenjak reaktor biogas di perkenalkan kepada masyarakat indonesia, antusias masyarakat untuk membuat reaktor biogas dari tahun ke tahun mangkin meningkat dan penyebarannya pun sudah di seluruh pulau Indonesia.

Biogas sangat ramah dengan lingkungan, tidak membahayakan bagi penggunanya, bangunannya bisa dapat dimanfaatkan 20 – 30 Tahun, serta memiliki multifungsi bagi penggunannya.

Tipe ukuran biogas 4, 6, 8, 10 kubik. Biogas yang ukuran 4 kubik dapat menghasilkan gas selama 4 jam dalam satu hari, dalam rentan waktu tersebut dapat dipakai untuk aktivitas masak-memasak di dapur dan menghemat biaya pengeluaran pembelian tabung elpiji.

Selain gas yang dihasilkan dari Reaktor Biogas eh, ternyata dari kotoran sapi yang dipakai sebagai bahan baku utama untuk di masukan kedalam digester biogas, sisa dari kotoran sapi yang sudah terfregmentasi, kemudian menjadi pupuk organik yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Pupuk organik dari kotoran sapi yang sudah terfregmentasi disebut dengan “Bio Slurry”, Pupuk Organik yang berupa Bio Slurry terbagi menjadi dua jenis, yaitu bio slurry padat dan bio slurry cair.

Kebutuhan akan tabung elpigi untuk rumah tangga terus meningkat, sedangkan ketersediaannya masih kurang banyak, bahkan kadangkala sulit dicari di pasaran, adanya biogas merupakan solusi alternatif yang tepat bagi masyarakat indonesia untuk mendapatkan gas yang ramah lingkungan dan aman dari ledakan. (Wartawan Turdanews, KKU, Hajeral)

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *