Alokasi Desa Desa akan di Naikan pada APBN 2019 menjadi 78 Triliun

oleh -213 views

TURDASUKSES.COM – Alokasi Dana Desa (DD) Untuk Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) pada tahun 2019 “Pemerintah Pusat menganggarkan 78 Triliun”, ada kenaikan dibandingkan APBN tahun 2018 yaitu 60 Triliun.

Pemerintah Pusat menggelontorkan Dana Desa relatif besar ke desa – desa yang ada di seluruh Indonesia, dengan harapan agar seluruh desa di Indonesia berdaulat, mandiri, dan berinovasi, serta memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan semaksimal mungkin.

Dana Desa digelontorkan mulai dari tahun 2015 – 2018, di alokasikannya Dana Desa dari APBN, diperuntuhkan agar desa mampu mengembangkan dan melihat potensi yang bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan di desa.

Menurut Ibu Henni Astuti, Ekonom Indef, Jakarta (5/10), “Alokasi Dana Desa yang di salurkan oleh pemerintah pusat ke daerah, belum mampu mengurangi angka kemiskinan dan menciptakan lapangan pekerjaan. Kendala terbesar sehingga dana desa belum memberikan kontribusi mengurangi permasalahan di desa karena masih banyaknya ditemukan penyelewengan yang di lakukan oleh Aparatur Desa”. Data dari ICW 2017, “kasus penyelewengan Dana Desa mencapai 1000 laporan ” Ujarnya.

Pada kesempatan lain juga Preseiden Jokowi mengatakan bahwa “ Siapapun yang melakukan penyelewengan Dana Desa akan ditindak dengan tegas” dikatakan di sela – sela kunjungannya di Sumatera Barat, 8 Oktober 2018.

Pemerintah Pusat telah memberikan arahannya tentang penggunaan Dana Desa pada tahun 2019, Pemerintah Desa harus mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dimiliki oleh desa serta pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Sumber Daya Manusia merupakan fundamental utama kemajuan suatu negara, manusia adalah aktor utama dalam pembangunan di segala bidang” kata Wakil Presiden, Yusuf Kalla di Jakarta, 27/9/2018.

Wartawan Turdanews, Kayong Utara, Hajeral

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *