Desa Membangun, Masyarakat Sejahtera

oleh -293 views

TURDASUKSES.COM – Di Kabupaten Kayong Utara, memiliki 5 Kecamatan dan 43 Desa, salah satu desa dari 11 desa yang ada di kecamatan Simpang Hilir adalah desa Pulau Kumbang yang memiliki potensi pesona alam yang indah dan sumber alam yang melimpah.

Desa Pulau Kumbang memiliki penduduk ± 3.361 Jiwa, luas wilayahnya 2.225 HA, dan terdapat beberapa suku antara lain ; Melayu, Jawa, Bugis, dan China.

Kepala Desa Pulau Kumbang saat ini adalah Bapak Sasli Masdar. A.Ma. Beliau menjabat mulai dari tahun 2016 – 2019.

Bapak Sasli menyampaikan “desa Pulau Kumbang memiliki potensi Wisata Laut dan agro, pada Tahun 2017 Desa dapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kab, Kayong Utara untuk percetakan lahan seluas 150 Ha, dari lahan tersebut desa mengedukasi masyarakat untuk mengembangkan program wisata agro”.

“Pihak yang mengelola percetakan lahan tersebut adalah Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa dan pemilik lahan, masyarakat sudah memanfaatkan lahan tersebut 50% dan telah menghasilkan hasil.” Ungkap Kades Pulau Kumbang.

“Kendala yang sering di hadapi oleh petani sehingga pengembangan wisata agro belum maksimal: Infrastruktur belum memadai misalnya akses jalan, ketersediaan sumber air, masyarakat masih bingung hasil pertanian mereka mau dijual kemana, serta wawasan pengetahuan petani tentang pertanian masih kurang, maka dari itu perlu peningkatan pengetahuan petani tentang pertanian dari Dinas terkait.” Ujarnya.

“Pemerintah Desa Pulau Kumbang sangat mendukung dan mendorong perkembangan wisata agro, terbukti setiap tahun dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa, selalu di anggarkan pada APBDes, keterbatasan APBDes sehingga sampai sekarang wisata agro belum berjalan dengan maksimal, oleh karena pihak desa pulau kumbang mengharapkan Pemerintah Daerah Kab. Kayong Utara melalui Dinas pertanian, Pekerjaan Umum memberi perhatian lebih kepada desa Pulau Kumbang”

“Harapan saya selaku kepala desa, kedepannya desa Pulau Kumbang masuk kategori desa mandiri, saat ini masih kategori desa berkembang, adanya wisata agro akan mempercepat menjadi desa mandiri, untuk mewujudkan itu semua perlu adanya kerjasama yang baik semua elemen yang ada di desa dan stakeholder yang terkait” ujarnya Pak Sasli, 20/10/2018.

Wartawan Turdanews, Kayong Utara, Hajeral

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *