Hasil Kotak Hitam Pesawat Lion Air JT-610

oleh -397 views

TURDASUKSES.COM, JAKARTA – Berdasarkan data informasi yang disampaikan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono menunjukkan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 menghantam permukaan laut dengan kecepatan tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk serpihan pesawat yang ditemukan di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, saat mengalami kecelakaan Senin (29/11/2018).

“Sebelum menghantam permukaan air pesawat masih utuh. ketika pesawat dengan kecepatan cukup tinggi menghantam permukaan air laut, Maka energi yang dilepaskan pun sangat besar dan menyebabkan ledakan hingga serpihan badan pesawat tersebar dalam jarak 250 meter x 250 meter yang menandakan sebagai titik impact, Jika pecah di udara maka bentuk serpihan akan besar dan lebar ” ujar Soerjanto di Jakarta, pada Senin (5/11/2018).

Pada hari Minggu kemarin, KNKT sudah berhasil mengunduh isi memori dari flight data recorder (FDR). Hasilnya, dari kotak hitam itu mencatat 69 jam penerbangan Lion Air JT-610 dalam 19 kali perjalanan.
FDR berisi data soal kecepatan pesawat, ketinggian pesawat, putaran temperatur, posisi kendali penerbangan (flight control) dan bidang-bidang kemudi di pesawat.
Dari hasil FDR tersebut, rekaman berakhir pada tanggal 28 Oktober 2018 pukul 23.31 UTC (Universal Time Coordinated). Yang artinya, kontak hitam tersebut terakhir kali berlangsung pada 29 Oktober 2018 pukul 6.31 WIB.

KNKT terus berupaya mencari kotak hitam kedua, yaitu cockpit voice recorder (CVR) yang merekam suara percakapan di dalam kokpit serta pembicaraan awak kabin. Jika CVR masih belum ditemukan juga, maka jajarannya akan memaksimalkan investigasi dengan bekal data FDR.

“Jika belum ditemukan CVR, dengan data yang ada, kami akan berusaha semaksimal mungkin menemukan penyebabnya,” ujar Soerjanto.

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *