Kena Masalah? Ini 4 Cara Mengadu ke Polisi tanpa Keluar Ongkos

oleh -215 views

TURDASUKSES.COM-Polisi identik dengan sifat kaku, keras, dan bahkan kasar. Hal ini membuat banyak orang malas ke kantor polisi untuk mengadukan suatu masalah. Belum lagi adanya pandangan bahwa kalau sudah urusan ama polisi, pasti UUD alias ujung-ujungnya duit.
Tapi kalau keadaan sudah memaksa, mau tak mau polisi harus dituju. Misalnya terjadi perampokan di rumah. Atau malah kita ditipu orang yang notabene adalah polisi. [Baca: Polisi Palsu, Pegawai KPK Palsu, Waspadai 10 Petugas Abal-abal Ini]
Bahkan tak hanya kejadian yang menimpa diri kita sendiri, insiden yang dialami orang lain juga kadang membuat kita berurusan dengan polisi. Contohnya saat melihat korban pembegalan di malam hari. Masak, kita tega ninggalin korban begal sendirian? [Baca: 5 Tips Menghadapi Begal Motor yang Beringas Meneror Para Bikers]
Tapi sepertinya polisi Indonesia sudah banyak berbenah. Buktinya, banyak polwan cantik ditunjukkan lewat media buat menghapus stempel bahwa polisi itu garang-garang. Akses ke polisi pun lebih banyak, sehingga pengaduan gak melulu harus lewat kantor polisi.
Kalau kamu sedang terlibat dalam masalah dan memerlukan keterlibatan penegak hukum, ini 4 cara mengadu ke polisi tanpa keluar ongkos plus instan:
1. 110
call center 110
Sementara polisi Amrik punya 911, polisi Indonesia menyediakan 110 sebagai nomor telepon darurat. Pernah gak nonton film Hollywood terus pemainnya menelepon 911 saat ada penjahat? Nah, fungsi 110 sama seperti itu.
Dengan menelpon 110, kita bakal terhubung ke polres terdekat. Kalau kejadiannya di sekitar laut, kita bahkan bakal dihubungkan dengan kantor polisi air setempat!
Klaim target dari kepolisian sih personel akan datang ke lokasi kejadian maksimal 10 menit setelah laporan masuk, tergantung pada lokasi yang dilaporkan.
Tapi yang pasti layanan ini bebas biaya. Kita gak perlu bayar pulsa atau biaya administrasi apa pun.
2. SMS 1717
Selain nomor telepon 110, polisi juga punya layanan pengaduan via SMS ke nomor 1717. Tapi cara mengadu ke polisi yang satu ini cuma bisa dilakukan warga Jakarta. Sebab sejak Januari 2015 yang mengelola pengaduan SMS 1717 adalah Polda Metro Jaya.

3. Online
Gimana kalau ngelihat calo di bandara atau stasiun dan gak punya pulsa reguler buat telepon atau SMS alias hanya punya paket Internet? Gampang, kita bisa mengadu lewat online.
Di situs Polri ada laman khusus buat pengaduan. Kita tinggal mengisi kolom yang tersedia di sana buat mengadu.
Atau bisa juga mengadu lewat akun Facebook dan Twitter kepolisian terkait. Sekarang hampir setiap polres melek media sosial, jadi punya akun paling gak Twitter.
Mention aja mereka di Twitter. Tambahkan foto kalau memungkinkan biar lebih mantap laporannya.
4. Surat pembaca
Kalau cara mengadu ke polisi yang ini bersifat tak langsung. Misalnya kita nemu kasus peredaran narkoba di lingkungan tempat tinggal kita. Kita bisa menulis surat pembaca ke media nasional untuk mengeluarkan unek-unek soal narkoba itu.

Di dalam tulisan, sertakan pula harapan kalau bisa polisi menindak kasus itu segera. Polisi, apalagi pimpinannya, pasti baca berita setiap hari. Kalau mereka baca surat itu, bukan tak mungkin akan ada operasi khusus untuk mengecek benar-tidaknya laporan.

Tapi memang pengaduan via surat pembaca membutuhkan kesensitifan polisi yang membacanya. Kalau polisinya cuek, pengaduan bakal menguap begitu saja.

Nah, gampang kan kalau mau mengadu ke polisi tanpa keluar ongkos dan cepat? Kalau kita sebagai masyarakat menemukan hal yang mengganggu ketertiban dan keamanan, laporkan saja ke polisi, tak perlu ragu.

Buat kepolisian, setelah mengadakan fasilitas-fasilitas ini tentunya harus menindaklanjuti setiap pengaduan yang masuk. Repot kalau sampai masyarakat menganggap adanya fasilitas pengaduan instan ini cuma sebagai pencitraan.

SUMBER : MONEYSMART.ID

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *