WhatsApp Bernada Ancaman, Dapat Diperkarakan Secara Hukum?

oleh -243 views

Mohon penjelasannya karena saya awam tentang hukum. Apabila saya bertengkar dengan seseorang melalui WhatsApp dan saya mendapat Chat bernada ancaman. Keluarga saya pun diancam, apakah ada undang-undang hukumnya untuk memperkarakan hal ini? Bagaimana Prosedurnya?

Terima kasih

(Nama dan alamat pada redaksi)

Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, khususnya Pasal 29 jo. Pasal 45 ayat (3) disebutkan bahwa “Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik (dalam hal ini berupa Chat) yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi diancam dengan pidana dengan pidana paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 2.000.000.000,- (dua miliar rupiah).”

Chat berisi ancaman tersebut sebagai alat bukti untuk melaporkan si pengancam ke polisi. Informasi lengkap dapat di baca disini :

https://m.hukumonline.com/klinik/detail/cl2025/pasal-untuk-menjerat-pelaku-pengancaman/

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga Bermanfaat.

SUMBER : https://m.hukumonline.com

Disclaimer: Konsulatasi Hukum ini bertujuan memberi pengetahuan terkait masalah hukum sesuai peraturan perundang-undangan di Indonesia. Penggunaan Tips Hukum ini bukan ditujukan untuk proses pembuktian di depan penegak hukum.

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *