Strategi FORMASLIDAM Menghadapi Kebakaran Lahan di Musim Kemarau

oleh -165 views

TURDASUKSES.COM, KUBU RAYA – Forum Masyarakat Peduli Sungai Raya Dalam (FORMASLIDAM) KUBU RAYA sudah mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan menyiapkan alat yang didapat dari Masdar AR selaku Anggota Dewan Provinsi Komisi 1 Dapil Kubu Raya dan sumber daya manusia untuk siaga karhutla selama musim kemarau 2019.

Selain itu pula ditambah adanya ambulance, Tosa dari Maman Abdurrahman Anggota Komisi VII DPR RI yg tinggal disungai raya dalam karena kepedulian beliaulah dengan lingkungan di serdam ini yang jadi langganan kebakaran lahan maka beliau selalu mensupport FORMASLIDAM yg diketuai oleh saudara Tommy Hermansyah yang tidak pernah mengeluh untuk peduli dengan lingkungan serdam dan rencananya akan dibuat posko pemadam kebakaran di sungai raya dalam.

Ketua FORMASLIDAM, Tommy Hermansyah menjelaskan, tahun 2018 lalu, kita belum ada ambulance,Tosa, dan hanya ada tiga mesin air, sekarang sudah disiapkan lima mesin air siap tempur memadamkan api.

“Dari lima itu, dua mesin besar tiga mesin kecil, satu mesin kita siapkan khusus untuk Sungai Raya, jadi kalau ada karhutla disana tidak perlu lagi unit dari sini pergi kesana,” jelasnya Sabtu (16/3/2019).

Kalau tidak cepat dipadamkan oleh FORMASLIDAM dan semua pihak pasti sudah banyak asap daerah kami, itu sudah menjadi langganan tiap tahun, “ucap cahyono salah satu warga sungai raya dalam”.

Baca: FORMASLIDAM GOTONG ROYONG RUTINDari segi persiapan sumber daya manusianya, Tommy menjelaskan pihaknya telah bekerjasama dengan BPBD sehingga dapat melatih personel secara rutin.

“Sehingga ketika terjadi kebakaran mereka sudah tahu, regunya siapa, tugasnya apa, dan bagaimana kerjanya sehingga bisa cepat antisipasi terhadap karhutla,” ungkapnya.

Tommy menuturkan, personel siaga karhutla tahun ini sudah dipersiapkan dengan matang dan didukung oleh seluruh anggota FORMASLIDAM, BPBD, TNI, Polri, serta para relawan Golkar dan Kepala Desa Khairil Anwar dan sekretaris desa Stevan Dedy Kanau dari kelompok masyarakat yang selalu hadir dan ikut terjun membantu.

“Kita dari relawan FORMASLIDAM ada 20 orang, belum lagi ditambah dari staf Desa, belum lagi dari relawan Golkar, kelompok masyarakat, juga mereka siap membantu kita,” ujarnya.

Tommy menjelaskan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas PUPR untuk mengantisipasi kesulitan air di musim kemarau dimana air merupakan satu-satunya hambatan saat terjadi karhutla khususnya wilayah sungai raya dalam.

“Kita sudah koordinasi dengan dinas PUPR, nanti mereka akan membantu melakukan penggalian di parit-parit sebagai penampungan air, juga mereka membuat sekat tanah, sehingga nanti kesulitan air bisa kita antisipasi, untuk SDM dan alat kita tidak ada masalah,” jelasnya.

Tommy menjelaskan, titik rawan terjadi karhutla di Sungai Raya Dalam merupakan lokasi yang sudah menjadi langganan karhutla setiap tahun.

Untuk wilayah Sungai Raya Dalam kata dia, rawan karhutla di Jalan Prasetya ujung sampai Jalan Sungai Raya dalam menuju punggur.

“Kemudian untuk wilayah luar sungai raya dalam di Belakang Untan dan Jalan Padat Karya, di Kelurahan Parit Tokaya itu di Jalan Perdana, Jalan Parit Demang dan Jalan Purnama 2, di Pontianak Utara rawan sekitar ujung Batulayang, Siantan Hilir, Siantan Tengah dan Siantan Hulu sedikit,” paparnya.

Tommy menjelaskan, penyebab utama karhutla di Kota Pontianak dan Kubu Raya 99% disebabkan oleh manusia, dimana warga masyarakat yang membakar lahan kemudian merembet kemana-mana.

“Sebagai antisipasi, sejak 1 Maret 2019 kita sudah melakukan partoli setiap hari dan ambulance selalu standby, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00, kita berkeliling,” tandasnya.Saya sangat berterima kasih dengan FORMASLIDAM dan bapak Maman Abdurrahman yang sangat peduli, tanggap dalam membantu untuk alat kelancaran petugas,terima kasih juga buat Partai Golkar yang selalu peduli dengan lingkungan, ucap Chandra salah satu warga sungai raya dalam.

TONTON VIDEO :

Kontribusi : Failani Putra

Tentang Penulis: turdadmin

Gambar Gravatar
Perkenalkan kami adalah pengelola website www.turdasukses.com sebuah situs berita dan informasi online seputar Kota Pontianak,media online independen yang update setiap hari serta telah dipantau oleh ribuan pengunjung setiap harinya.Pengunjung website ini adalah mayoritas warga Kalimantan Barat yang dapat mengakses Internet ditambah dengan warga seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia yang akan dapat mengakses website. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa akses internet adalah global dan tanpa batas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *